Awas, Makanan Jadi Racun Bagimu

Dimensi ITS, Surabaya – Tubuh memerlukan berbagai macam nutrisi yang digunakan untuk menjaga metabolisme  dan mengganti sel-sel yang telah rusak. Namun, zat-zat kimia dalam makanan tersebut justru dapat menimbulkan kerugian bagi tubuh bila kita salah mengonsumsinya. Salah satu kesalahan tersebut adalah mengonsumsi makanan secara bersamaan pada beberapa jenis makanan yang seharusnya tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan. Berikut Makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan, karena beberapa jenis zat kimia yang dikandung bisa menimbulkan reaksi kimia tertentu yang tidak baik:
 
1.      Susu kedelai dengan telur
Susu kedelai bisa mengurangi aktivitas dari enzim protease yang digunakan oleh tubuh untuk membantu metabolisme protein. Namun, telur merupakan makanan yang kaya  protein. Jadi, kita tidak akan mendapat protein yang baik dari telur jika mengkonsumsinya bersamaan dengan susu kedelai. 
2.      Susu dengan coklat
Susu merupakan makanan yang kaya akan protein dan kalsium, sementara coklat adalah makanan yang kaya akan oxalic acid. Jika dikonsumsi bersama- sama, kalsium dari susu dan oxalic acid dari coklat bisa bergabung dan membentuk kalsium oksalat yang tidak dapat larut dalam tubuh. Akibatnya bukan hanya tidak bisa dicerna oleh tubuh tapi bisa menyebabkan diare. 
3.      Buah kesemek dengan kentang manis
Kentang manis dapat menghasilkan asam hidroklorik di dalam perut, asam ini bisa menyebabkan buah kesemek yang dikonsumsi mengendap di dalam tubuh. Endapan tersebut bisa menjadi batu yang tidak bisa larut, sehingga bisa mengganggu pencernaan. 
4.      Beberapa buah-buahan dengan makanan laut
Buah anggur, delima atau kesemek tidak boleh digabung dengan makanan laut, karena bisa menyebabkan mual dan perut kembung serta rasa sakit pada perut dan diare. Ini karena buah-buahan tersebut mengandung tannin yang jika digabungkan dengan protein bisa menghasilkan zat yang tidak larut dan tidak bisa dicerna. Sebaiknya mengonsumsi buah-buahan tersebut 4 jam setelah makan makanan laut. 
5.      Produk susu dengan sayuran
Zat kimia yang terkandung di dalam sayuran ini bisa memberikan efek negatif terhadap proses metabolisme kalsium dari produk susu. 
6.      Udang dengan suplemen Vitamin C
Pada dasarnya udang mengandung Arsenic Pentoxide dan jika bertemu dengan suplemen yang mengandung Vitamin C , akan terjadi reaksi kimia di didalam perut yang dapat membuat Arsenic Pentoxide berubah menjadi Arsenic Trioxide yg sangat beracun. Yang dapat mengakibatkan hati, jantung, ginjal, pembuluh darah rusak, usus keluar darah, pembuluh darah melebar hingga wanita itu meninggal mengenaskan dengan kelima panca indera mengeluarkan darah. (/AJ)

Sumber : www.tipscaraterbaik.com


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *