Obsessive Corbuzier’s Diet, healthy or unhealthy? [OPINI]

salah satu gambar dari website yang dijalankan Deddy Corbuzier

Akhir-akhir ini di dunia maya Indonesia sedang gencar-gencarnya proses penurunan berat badan dengan “puasa selingan” yang diajukan oleh salah seorang public figure di bidang entertainment, yang juga merupakan pesulap dan mentalist Indonesia, Deddy Cobuzier. Beberapa orang menyebutkan bahwa metode yang dibawakan oleh Deddy ini sangat bermanfaat dalam bidang kesehatan dan juga dapat menurunkan resiko diabetes seseorang. Masyarakat menyebutnya dengan sebutan OCD atau Obsessive Corbuzier’s Diet.

metode ini didapatkan Deddy dari metode kuno dari Tiongkok yang sering digunakan oleh para biksu Shaolin. Didalam Diet yang dianjurkan oleh Deddy ini, para peserta diet tidak diperbolehkan untuk melakukan sarapan dan hal ini  menjadi kontroversi di antara pengamat diet yang mengatakan harus memakan sarapan agar tidak kebablasan di siang hari.

namun beberapa penelitian juga mengatakan bahwa sarapan pagi sangat bermanfaat bagi tubuh kita. karena sarapan memberikan modal awal bagi tubuh kita untuk beraktivitas sepanjang hari. tidak hanya itu sarapan juga memberi kekuatan metabolisme setelah sepanjang malam dan menambah kebutuhan gula yang merupakan sumber energi yang diserap dari karbohidrat yang kita konsumsi. tidak hanya itu, sarapan juga memberikan otak kita untuk lebih berkonsentrasi.

Kembali lagi ke OCD, beberapa yang dianjurkan oleh Deddy dalam OCD adalah sebagai berikut:
1. Tidak sarapan (karena sarapan dianggap bikin ngantuk dan membuat orang ingin makan dan makan lagi)
2. Puasa dengan jangka waktu 16 jam, 18 jam, 20 jam, dan 24 jam
pada metode ini, seseorang bukan berpuasa seperti menahan lapar dan haus dari matahari terbit sampai terbenam, tetapi seseorang diajarkan untuk mengatur waktu dan jam makannya dimana dalam sehari mereka tidak boleh mengkonsumsi makanan selama 16 jam (misalnya) dan dianjurkan untuk lebih banyak meminum air putih.

– berpuasa selama 16 jam dan makan hanya 8 jam, contohnya anda melakukan diet mulai pikul 1 siang itu berarti anda hanya diperbolehkan untuk makan sampai jam menunjukan pukul 9 malam. lewat jam 9 malam, anda harus berpuasa dan tidak makan selama 16 jam dan dianjurkan untuk lebih banyak minum air putih.

-Berpuasa selama 18 jam dan makan hanya 6 jam. sama seperti berpuasa selama 16 jam, tetapi yang membedakannya adalah anda hanya bisa makan hingga pukul 7 malam dan selebihnya anda berpuasa (jika dimulai pada pukul 1 siang)

– berpuasa selama 20 jam dan makan hanya 4 jam, sama seperti nomor 1 dan 2, tetapi anda hanya boleh makan hingga pukul 5 sore

– berpuasa 24 jam, berarti anda hanya bisa makan 1x dalam sehari, makan apa saja dan berapa saja tetapi bukan berarti anda harus rakus.

3. Boleh Makan Apa Saja
dalam OCD, anda diperbolehkan makan apa saja dan tidak ada pantangan, sehingga hal ini biasa membuat kontroversi di kalangan orang yang menentang sistem diet ini

4. Berolahraga ketika Berpuasa
Pembentukan otot lebih mudah saat berpuasa.

Tetapi dari semua yang telah dijabarkan oleh Deddy, semua keputusan berada pada tangan orang yang akan melakukan diet.
perlu diketahui diet OCD ini sangat cocok untuk sistem dan metabolisme tubuh seorang Deddy Corbuzier tapi belum tentu cocok untuk metabolisme tubuh orang lain. karena sistem metabolisme setiap orang berbeda-beda tergantung dari lingkungan, kegiatan, dan mentalnya.
Tetapi kebanyakan orang hanya menelan mentah-mentah yang ada pada OCD tanpa memikirkan tentang metabolisme dalam tubuhnya.
Inti dari program diet menurut para ahli adalah untuk mengatur jadwal makan seseorang untuk lebih teratur. jika anda sudah teratur untuk makan 3x dalam sehari dan tiba-tiba mengubah jadwal makanannya sama seperti yang dipaparkan dalam OCD, akan membuat metabolisme menjadi “shock” dan otomatis akan menganggu juga sistem imunitas tubuh, khususnya untuk wanita. bahkan menurut Charles Poliquin, dampak OCD untuk wanita adalah obesesi atas makanan, sulit tidur (insomnia), menstruasi yang tidak teratur dan juga mematikan ovarium

Dari judul tulisan ini, apakah OCD sehat atau kurang sehat, tergantung anda melihat dari sisi mana.
jika kita liat dari sisi kesehatan “sosial”, OCD jelas-jelas sangat tidak sehat. Misalkan saja anda merupakan penggemar dan penggila OCD sehingga setiap hari melakukan diet puasa selingan ini dengan jam-jam tertentu dan memungkinkan kita untuk tidak bisa lagi memenuhi undangan jamuan makan dari tetangga, sahabat, atau bahkan keluarga kita karena otomatis akan membuat kacau jam diet kita. Jadi, kita tidak perlu lagi menghadiri undangan jamuan makan siapapun kalau jadwalnya bertepatan dengan jam diet kita. dengan kata lain kita hidup hanya untuk diri kita sendiri dan membuat kehidupan kita menjadi anti sosial.
Mendapatkan tubuh yang proporsional tetapi tidak sehat dalam hal sosial.

[OPINI] (ydl/M54)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *