Teknologi beserta kelebihan dan kekurangannya

Setiap hari kita tidak pernah lepas dari peran teknologi . Tidak hanya sekedar personal computer, tetapi juga telepon, handphone, mesin ATM, kalkulator, pengendali lalu lintas, peralatan rumah tangga elektronik, satelit, kamera, merupakan beberapa contoh media pemberi informasi. 

Penggunaan media telah menggunakan teknologi informasi untuk mengomunikasikan hal yang ingin disampaikan. Secara tidak langsung ini mengindikasikan beberapa bukti bahwa semua orang memang sudah mempercayai teknologi informasi sebagai bagian dalam hidup mereka saat ini.

Dampak luar biasa dari hadirnya teknologi informasi tentu sangat dirasakan oleh semua orang. Kemajuan dan perkembangan teknologi informasi kini tidak lagi terbatas pada bidang-bidang tertentu, melainkan juga telah meluas pada bidang-bidang lain seperti kedokteran, fashion, hukum, seni, kesehatan, pemerintahan, manajemen, bisnis, pendidikan, media komunikasi (periklanan, media, broadcasting, penerbitan). Hal ini menyebabkan pemahaman dalam teknologi informasi merupakan suatu hal yang krusial dalam penyaringan pekerjaan setelah lulus dari perguruan tinggi nanti.
Kita tentu saja mengetahui dampak yang ditimbulkan dari kehadiran teknologi informasi dalam kehidupan kita. Kita bisa melihat bahwa dengan kehadiran teknologi informasi adanya peningkatan standar efisiensi kehidupan, baik itu di dalam kehidupan individu, kelompok, maupun badan usaha. Kemajuan dan perkembangan teknologi informasi dapat kita rasakan dengan terbantunya kegiatan kita karena terbentuknya penghematan waktu, tenaga, biaya, dan lain sebagainya sehingga terjadi pula peningkatan hasil dan jerih payah yang kita lakukan.
Namun, dibalik semua manfaat positif yang didapat dari teknologi informasi tentunya ada beberapa kelemahannya, yaitu:
1. Kelebihan Informasi
Kemajuan teknologi telah memampukan kita untuk mengakses semua informasi yang diinginkan. Informasi mengalir dengan cepat melalui faks, telepon, voice-mail, radio, televisi, koran, dan internet.
2. Keamanan Data
Sebelum menggunakan komputer, file dokumen perusahaan biasanya dibuat dalam bentuk kertas dan disimpan di suatu ruangan yang terkunci. Tidak sembarangan orang dapat mengakses data perusahaan. Pengambilan dan penyimpanan file dilakukan dengan suatu sistem pengamanan yang sangat ketat. Kini, data perusahaan mulai beralih dari kertas-kertas ke bentuk data elektronik.
3. Privasi Informasi dan Produktivitas Karyawan
Menganggap bahwa e-mail bersifat amat pribadi merupakan hal yang keliru. Teknologi telah memungkinkan berpindahnya e-mail secara cepat. E-mail yang dikirim kepada orang lain. Bahkan, e-mail seringkali terkirim kepada orang yang tidak tepat.
4. Kurangnya Hubungan Antar Individu
Alat bantu memberikan banyak kemudahan dalam berkomunikasi. Frekuensi berkomunikasi secara langsung atau tatap muka menjadi semakin berkurang .Hal itu mengakibatkan berkurangnya kepuasan hubungan sosial antar individu.
Kemajuan yang telah dicapai manusia melalui teknologi informasi merupakan suatu hal yang patut kita syukuri karena dengan kemajuan tersebut akan memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaan dan tugas yang harus dikerjakan. Teknologi mampu memberikan manfaat yang begitu besar kepada masyarakat, namun juga tidak terlepas dari kerugian bagi masyarakat, sebagai contoh; mendorong munculnya kejahatan jenis baru, kejahatan, pencurian, dan pemanfaatan data-data oleh orang-orang yang tidak berhak atau yang dikenal dengan cybercrime dan mempermudah penyebarluasan karya-karya seperti pornografi. Untuk itulah kita sebagai masyarakat harus mampu memilih dan memanfaatkan teknologi yang ada dengan baik dan bijaksana agar kita tidak menjadi korban dari kemajuan teknologi. Tidak dapat disangkal lagi bahwa teknologi telah mendorong terjadinya perubahan-perubahan penting di berbagai sudut dunia.(Annisa – published by: DIMENSI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *