Usaha yang Berbanding Lurus Dengan Hasil [Laporan Mahasiswa Teknik Mesin di Negri Bolywood]


Pune, India.         Sebuah prestasi kembali di toreh oleh mahasiswa teknik mesin ITS dan tim dari UKM Robotik ITS di ajang ABU Robocon yang diselenggarakan di kota Pune, India. Indonesia yang diwakilkan oleh ITS mendapatkan second Runner Up di Kontes robot tingkat dunia yang diikuti oleh kontestan dari 17 negara berbeda seperti Indonesia, Vietnam, Jepang, Rusia dan India. 
Tim robot RINE (Robot ITS Nang Pune) ini telah melewati perjalanan yang cukup panjang sebelum berangkat untuk mengikuti kopetisi internasional tersebut. Mulai dari penyisihan tingkat regional yang diadakan di Malang, dilanjutkan dengan penyisihan tingkat nasional, dan pada penyisihan nasional tersebut RINE menjadi juara pertama dan menjadikan ITS menjadi perwakilan Indonesia di kancah internasional.
Di pertandingan ABU Robocon, pertama-tama semua tim dari setiap negara dibagi menjadi beberapa grup. Indonesia yang merupakan salah satu tim unggulan, keluar sebagai juara grup. Pada laga selanjutnya yaitu perempat final, Indonesia harus berhadapan dengan Malaysia. Pada laga tersebut, Indonesia pun berhasil mengalahkan Malaysia. Di laga semifinal, Indonesia harus menghadapi lawan yang tangguh, yaitu Vietnam.  Langkah Indonesia pun harus terhenti di babak semi final setelah dikalahkan oleh Vietnam. Di babak semi final, Vietnam menyelesaikan semua tugas dengan catatan waktu 45 detik, unggul sekitar 2 detik dibandingkan Indonesia.
Vietnam pun dinobatkan sebagai ABU winnersetelah di laga final mengalahkan Jepang. Sedangkan Indonesia harus puas menjadi second runner up bersama team dari Thailand. Tidak hanya dinobatkan sebagai second runner up, ITS juga  mengharumkan nama  Indonesia di kancah internasional setelah menyabet gelar  best engineering award.
ABU Robocon 2015 akan datang akan diselenggarakan di Yogyakarta dengan tema olah raga bulu tangkis. Dengan dijadikannya Indonesia sebagai tuan rumah, diharapkan agar Indonesia dapat meningkatkan prestasi tahun lalu yang telah dicapai.
                “Usaha keras dari seluruh anggota tim membuat kami dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Kami harap agar tahun depan kami dapat menjadi juara ABU Robocon 2015” ujar Ahmad Tarmizi selaku anggota ITS Robotic Team sekaligus staff DIMENSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *