OK2BK, Sarana Kenalkan Lingkungan Kampus Untuk Maba

1-ok2bk
Mahasiswa Baru 2016 mengikuti OK2BK dengan antusias
(Senin, 29/09)  OK2BK sebagai sarana Orientasi Jurusan, perkenalkan Lingkungan Kampus Teknik Mesin ITS kepada  mahasiswa baru 2016. Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 hari pada tanggal 29 Agustus 2016 sampai 1 September 2016 di ruang E303-304 Jurusan Teknik Mesin ITS.
 

OK2BK adalah singkatan dari Orientasi Keilmiahan dan Keprofesian Berbasis Kompetensi, merupakan salah satu acara dari rangkaian kegiatan orientasi mahasiswa baru ITS 2016. Berbeda dengan kesan orientasi lama yang biasa dikenal dengan ospek dimana melibatkan tindakan perpeloncoan dan kurang mengedepankan aspek pendidikan, OK2BK lebih mengenalkan pembelajaran dan juga pemberian materi-materi yang diharapkan dapat memperkenalkan mahasiswa baru dengan lingkungan kampusnya. Sehingga diharapkan dengan kehadiran kegiatan ini dapat mempercepat proses adapatasi mahasiswa baru dengan lingkungan dan kegiatan di kampus Teknik Mesin FTI-ITS. 

2-ok2bk
Safari Laboratorium di Lab. Mekanika Fluida
 

OK2BK berlangsung selama empat hari, diawali dengan apel pembukaan pada hari pertama di parkiran Teknik Mesin FTI ITS dengan disambut Satrio Haryo Prakoso selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Mesin,  dan dibuka oleh Bapak Wawan Aries Pambudi selaku Sekretaris Jurusan Teknik Mesin FTI ITS. Setelah memasuki runag E303-304, Materi pertama dalam OK2BK sendiri diisi oleh Kepala Jurusan Teknik Mesin ITS, Bapak Bambang Pramujati yang memperkenalkan Jurusan Teknik Mesin ITS serta perkenalan dengan civitas akademika di Teknik Mesin ITS. Materi kedua diberikan oleh Departemen Kesejahteraan Mahasiswa HMM tentang penginfoan akademik yang bertujuan agar mahasiswa baru mengerti segala informasi yang terkait dengan sistem akademik di Kampus Teknik Mesin FTI ITS. Kemudian mahasiswa baru diberikan materi terakhir pada hari pertama terdapat materi Belajar Efektif yang membahas mengenai adaptasi selama perkuliahan yang dibawakan oleh bapak Abdullah Shahab. Selain itu, mahasiswa baru pun diperlihatkan prestasi-prestasi yang pernah diraih oleh senior mereka selama berkuliah di Teknik Mesin ITS yang diharap dapat menimbulkan semangat untuk berprestasi kedepannya.

3-ok2bk
Pemateri dari International Office
 

            Hari kedua OKKBK Teknik Mesin ITS 2016, Mahasiswa baru diberikan beberapa materi tentang wawasan Technopreneurship oleh Bapak Muhammad Nur Yuniarto. Kemudian  dari IO ITS tentang Internasionalisasi kampus, Pola pengembangan minat bakat mahasiswa dari Departemen Umum HMM, dan wawasan profesi Mahasiswa Teknik Mesin dari alumni Teknik Mesin ITS. Pada Hari Ketiga OK2BK, Mahasiswa baru dibawa keliling kampus Teknik Mesin ITS, melakukan safari laboratorium dan workshop yang ada di kampus Teknik Mesin ITS. Setelah itu, Mahasiswa baru diarahakan kembali ke E303-E304 untuk materi selanjutnya tentang pengenalan PKM. Disela sela materi antusias mahasiswa baru terlihat dari semangat mereka dalam menyanyikan yel-yel sembari menghilangkan penat. Setelah itu materi terakhir terdapat pengenalan ormawa yang terdapat di Jurusan Teknik Mesin ITS seperti HMM, DIMENSI, Mauts, MMC, LBMM, Ash-Shaff, dan juga pengenalan Dewan Presidium Mesin. 

4-ok2bk
Kepala Dept. Umum HMM menyampaikan materi tentang PPMBM
 
            Pada hari terakhir OK2BK, materi pertama yang diberikan berhubungan dengan materi di hari sebelumnya tentang PKM, yang berbeda materi ini bertujuan untuk membuat mahasiswa baru lebih termotivasi dalam membuat PKM agar dapat menjadi mahasiswa yang berprestasi. Setelah itu, mahasiswa baru diajak untuk mengunjungi Pusat Riset Mobil Listrik Nasional ( Molina ), tempat dimana mobil Lowo Ireng berada yang sempat  menarik perhatian mahasiswa baru ITS 2016 saat pembukaan GERIGI ITS 2016 (26/8/2016) lalu. Seusai mengunjungi Gedung Molina, mahasiswa baru diarahkan kembali ke E303-E304 untuk materi berikutnya tentang kehidupan kampus terutama di kampus Teknik Mesin. materi terakhir OK2BK sendiri terkait dengan kegiatan kemahasiswaan di Teknik Mesin ITS yang dibawakan oleh Achmad Hafizh selaku Kepala Departemen Organisasi HMM. Kegiatan OKKBK Teknik Mesin 2016 pun ditutup oleh Bapak Suwarno dengan apel penutupan. Dengan diadakannya apel penutupan menandakan berakhirnya rangkaian acara OK2BK Teknik Mesin ITS 2016 dengan harapan bahwa Mahasiswa baru dapat beradaptasi dengan lingkungannya dan merubah pola pikir dari siswa menjadi mahasiswa.(dhn/wib) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *