Paradigma Insinyur

Oleh: Ilman Patria (M54)

paradigma-insyinyur

 

Pada masa lampau engineer adalah panggilan yang identik dengan orang yang belajar, merencanakan dan mampu menciptakan sebuah mesin. Dengan kata lain, engineer memiliki kemampuan untuk memanfaatkan pengetahuan sains dan matematika menjadi sesuatu yang praktis dan bermanfaat. Dari definisi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa peran insinyur adalah sebagai seorang inventor atau penemu (Speight, 2014).

Insinyur adalah profesi yang digemari dan dinilai bergengsi oleh pelajar Indonesia. Terbukti setiap tahunnya jurusan teknik selalu menempati urutan teratas dalam passing grade dan jumlah pendaftar ke universitas negeri di Indoonesia. Lalu apa yang menyebabkan pelajar Indonesia memiliki minat yang besar terhadap jursan teknik? Cita-cita dari kecil? Passion? Paksaan orangtua? Gaji yang besar? Gengsi yang tinggi?. Tiap orang tentunya punya alasan tersendiri untuk itu.

Jika berbicara passion, saya sangat tertarik dengan kisah duo insinyur penemu pesawat terbang, Wright bersaudara. Orville Wright dan Wilbur Wright pada waktu itu tidak lulus sekolah menengah atas, sehingga pada tahun 1889 Orville memutuskan mendirikanĀ  percetakan pribadi dengan bantuan Wilbur dan tiga tahun setelah itu mereka mendirikan bengkel sepeda. Berawal dari bengkel sepeda, mereka akhirnya dapat mendirikan perusahaan sepeda sendiri (Wright Cycle Company) dan hasil penjualannya dimanfaatkan untuk memdanai ketertarikan dua bersaudara ini terhadap dunia penerbangan. Kebetulan pada saat itu, tahun 1890-an, insinyur-insinyur di eropa dan amerika sedang gencar mengenbangkan glider.

Namun uji coba gilder sering sekali memakan korban. Dari permasalahan inilah timbul ide dari Wright bersaudara untuk membuat sistem kendali pada sayap agar glider dapat terbang dengan stabil. Ide pengendalian sayap ini terinspirasi dari burung yang sedang terbang di udara. Ketika ingin belok, burung sukup memutar tubuhnya kekiri atau kekanan. Degan beberapa kali pengembangan akhirnya Orville dan Wilbur Wright berhasil mene