Sapuangin Siap Tanding di KMHE 2016

sapuangin

Sebelumnya Lihat dan Like yah untuk Sapuangin ITS dalam ajang video KMHE

Surabaya-Gong Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2016 sudah diperdengarkan sejak hari Senin tanggal 27 Juni 2016 kemarin di Universitas Gadjah Mada, Jogjakarta. Persiapan demi persiapan yang menyita banyak tenaga dan pikiran, tentunya sudah dilakukan oleh para peserta KMHE 2016 untuk menghadapi kontes tahunan yang diselenggarakan oleh Dikti ini. Ya, Kontes tingkat nasional yang mempertandingkan mobil-mobil irit karya anak bangsa ini, pastinya menjadi ajang adu gengsi tersendiri bagi perguruan tinggi-perguruan tinggi ternama di Indonesia. Tercatat, untuk tahun ini, sudah sebanyak 60 tim yang berasal dari universitas se-Indonesia dinyatakan telah melalui tahap seleksi dan lolos dalam putaran final Kontes Mobil Hemat Energi 2016. Dan tahun ini, giliran Sirkuit Kompleks Candi Prambanan lah yang akan menjadi saksi panasnya persaingan tanpa ampun ini.

Tidak mau kalah panas, Sapuangin Team, salah satu tim mobil kebanggan arek Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya yang diberangkatkan pada tadi, sangat optimis akan membawa pulang gelar juara kembali tahun ini. Di bawah susunan punggawa tim yang baru, mobil sapuangin siap menunjukkan performa terbaiknya di bawah teriknya Sirkuit Kompleks Candi Prambanan pada tanggal 1-4 November besok. Nama Sapuangin, tentunya bukanlah hal yang baru di kancah ajang mobil hemat energi, baik di dalam maupun di luar negeri. Bahkan sejak pertama kali kemunculannya di tahun 2010, Sapuangin berhasil mencuri perhatian dunia dengan menjuarai Asia Shell-Eco Marathon 2010, Kontes serupa namun tingkat Asia. Dan pada KMHE tahun ini, Sapuangin nampaknya akan datang dengan kepercayaan diri yang sangat tinggi, karena sebelumnya, di tanggal 6-10 September kemarin, Sapuangin Speed IV berhasil membawa pulang trofi Best Economy Award, julukan bagi mobil teririt di Student Formula Japan 2016, kontes tingkat Internasional yang tidak hanya mempertandingkan keiritan, namun juga kecepatan (speed).

Konsep KMHE 2016 kali ini nampaknya, tidak akan jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kelas yang nantinya akan dilombakan adalah kelas urban dan kelas prototype dengan masing-masing sumber energi adalah gasoline, diesel, dan listrik. Tim dengan penggunaan energi (fuel efficiency) terbaik akan menjadi juara di setiap kelas dan jenis bahan bakar. Setelah dikonfirmasi kepada Sapuangin Team kemarin, Sapuangin nampaknya akan menurunkan dua tim pada kelas andalannya, yaitu di Kelas Urban dengan sumber energi gasoline, dan diesel.

Persiapan demi persiapan sudah dilakukan dengan baik oleh Sapuangin Team. Bahkan uji coba-uji coba yang dilakukan kemarin berakhir dengan hasil yang memuaskan. Dengan mengiringi pelepasan Sapuangin Team ini, mari kita bersama-sama panjatkan doa semoga Sapuangin dan tim bisa bertanding dengan baik, menunjukkan performa terbaiknya, dan kembali pulang dengan selamat sebagai “Sang Juara”. Teruslah Mengaum Sapuanginku, Vivat !!! (img/wib)

 

Sapuangin Team Contacts :

Twitter : @SAPUANGIN_ITS

Youtube : ITS Team Sapuangin

Website : sapuangin.its.ac.id

Instagram : itsteamsapuangin

2 thoughts on “Sapuangin Siap Tanding di KMHE 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *