Balik Kampus Alumni Bahas Project Management

Jum’at (17/12) Departmen Teknik Mesin ITS kembali mengadakan Kuliah Tamu dengan judul “Project Management, Field Practices And Certification”. Uniknya, kuliah tamu kali ini dibawakan oleh dua alumni sekaligus yaitu Bapak Hendro Wibowo dan Toni Nurdianto Prabowo dari angkatan M28. Pembahasan kuliah tamu kali ini berfokus pada dunia seputar project management dan sertifikasi untuk menjadi seorang project manager.

“ Jumlah Operator makin lama makin sedikit, tentunya kalian harus naik selevel lagi menjadi engineer bukan hanya menjadi operator”, sebuah kalimat pembuka dari Bapak Witantyo, MEngSc selaku moderator kuliah tamu saat itu yang mengisyaratkan betapa pentingnya untuk menjadi engineer yang tentunya tak lepas dengan project management. Di mana biasanya lulusan sarjana teknik masih menjadi sebatas operator yang  hanya menjalankan perusahaan.

Selanjtunya Bapak Hendro yang mulai membawakan kuliah tamu dengan berfokus pada project management itu sendiri. Sebelum menjelaskan mengenai project management, Bapak Hendro sempat bertanya kepada mahasiswa yang hadir saat itu mengenai pengalaman dalam kepanitiaan atau organisasi. Di mana menurut beliau hal itu merupakan bentuk lain dari project management yang mungkin belum kita sadari.

 

 

Project adalah sebuah aktivitas untuk memproduksi barang atau jasa yang sifatnya bisa dalam fungsi jadwal atau proses-prosesnya punya dua karakteristik yaitu ada awal ada akhir dan unik” ujar beliau. Sementara itu pengertian project management menurutnya merupakan sebuah skills untuk menjalankan suatu project untuk selesai sesuai tujuannya. Di mana dua pengertian diatas merupakan awal dalam bahasan project management kali ini.

Jika berbicara tentang project management sendiri akan ada beberapa hal yang dibahas yaitu apa yang dikelola, tahapan pengelolahannya, alat untuk mengelolanya, serta sistem pengelolahannya. Di mana pada project management secara garis besar hal yang  banyak dikelola adalah waktu, cakupan kerja, dan biaya. Hal hal itu dijelaskan lagi menjadi tujuh aspek yaitu manajemen cakupan kerja, manajemen isu, manajemen biaya, manajemen kualitas, manajemen komunikasi, manajemen risiko, dan manajemen change control. Dimana aspek-aspek tersebut haruslah benar benar dipertimbangkan dalam suatu project management agar suatu project  dapat berjalan dengan lancar dan dapat mencapai tujuan tanpa mengalami kerugian biaya.

“Project harus terdokumentasi dengan baik” ujar Bapak Hendro. Di mana menurut beliau dalam suatu project diperlukan suatu dokumentasi dengan baik agar dapat menjadi pembelajaran nantinya terhadap segala sesuatu yang terjadi saat project berjalan sampai project selesai.  Serta dapat menjadi alat untuk menelusuri bukti jika terjadi suatu permasalahan terjadi saat project berlangsung.

 

 

Kuliah tamu kemudian dibawakan oleh Bapak Toni yang menjelaskan mengenai pentingnya sertifikasi bagi seorang engineer untuk project management. Beliau mengajak kepada mahasiswa yang tertarik pada project management untuk segera mencari sertifikasi project management. Di mana sertfikasi ini merupakan suatu bukti kemampuan seseorang dalam project management.

 

 

Pada sertifikasi project management di Indonesia biasanya dikeluarkan oleh dua lembaga yaitu Ikatan Ahli Manajemen Proyek Indonesia (IAMPI) yang biasa digunakan di project-project pemerintah dan swasta nasional di Indonesia. Ahli Muda Manajemen Proyek, Ahli Madya Manajemen Proyek,  Ahli Utama Manajemen Proyek.

Kemudian pada tingkat internasional, lembaga sertifikasi Project Management adalah PMI (Project Management Institute). PMI sendiri mengeluarkan beberapa sertifikat Certified Associate in Project Management (CAPM), Project Management Professional (PMP), PMI Scheduling Professional (PMI-SP),PMI Risk Management Professional (PMI-RMP), PMI Agile Certified Practitioner (PMI-ACP).

Pak Toni sendiri menyarankan kepada para mahasiswa nantinya untuk minimal memilki sertifikasi Ahli Muda Manajemen Proyek dari IAMPI, dan sertifikasi PMP dari PMI. Di mana menurut beliau dua sertifikasi tersebut dapat menunjang karier kedepannya dalam bidang Project Management.(wib)

2 thoughts on “Balik Kampus Alumni Bahas Project Management

  1. Exactly! Project Management is the art to deliver and qualify the change successfully. It is the art to balance golden triangle which contain : cost, time, and performance. Inside each item there are so many factor need to manage including stake holders, social-environtment, and scope of the change itself. This session is useful to improve mangement students skill!

    Vivat Mesin!
    Vera Setiawati
    Member of Project Management Department – Infineon Technologies Batam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *