Basic Media School 2017 : Belajar Jadi Jurnalis

Sabtu, (04/03) telah dilaksanakan Pelatihan Basic Media School 2017 yang berlangsung di ruang D303 Departemen Teknik Mesin ITS. Acara yang diselenggarakan oleh Klub Pers DIMENSI kali ini berlangsung selama dua hari lamanya sampai hari Minggu, 5 Maret 2016 dengan banyak materi yang diberikan.

Basic Media School (BMS) atau yang dulunya disebut Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) merupakan pelatihan bidang jurnalistik tahunan yang diadakan di Departemen Teknik Mesin ITS dan Departemen lain di ITS. Pada BMS 2017 Teknik Mesin ITS kali ini mengambil tema “Belajar Jadi Jurnalis”. Tema yang diambil ini sebagai isyarat agar BMS 2017 bisa menjadi momentum awal  bagi para mahasiswa Teknik Mesin untuk belajar lebih dalam tentang dunia jurnalistik.

BMS 2017 kali ini sendiri berlangsung selama dua hari dengan total tujuh materi dan juga simulasi total. Pada hari pertama BMS 2017 sendiri dilaksanakan dengan materi pertama yaitu Pers dan Mahasiswa oleh Oxi Putra M. Mahasiswa Mesin angkatan M55 yang menjelaskan bagaimana sejarah pers dan juga keadaan pers serta pers mahasiswa. Materi kedua yaitu Teknik Reportase yang dibawakan oleh Fanni Fairuz dari ITS Online yang menjelaskan bagaimana seorang jurnalis saat akan melakukan peliputan pada suatu hal. Berikutnya adalah materi menulis kreatif oleh Ilman Patria N. Mahasiswa Mesin angkatan M54 tentang bagaimana menulis suatu tulisan yang baik dan kreatif dalam segi jurnalistik. Materi keempat dibawakan oleh Novi mengenai Dasar Desain. Kemudian peserta pun disuguhi materi Fotografi oleh Didit dari Ukafo ITS tentang bagaimana mengambil foto yang baik dan berestetika. Materi terakhir pada hari pertama pun berakhir dengan materi Videografi yang dibawakan Mas’ud M56 dari ITS TV tentang bagaimana cara mengambil video dan mengedit video yang baik.

Keseruan pun tak berakhir dimana BMS berlanjut pada hari kedua dengan materi awal mengenai Dasar Website yang mana dibawakan Adnan dari Kominfo BEM ITS Wahana Juang. Setelah mendapat berbagai materi inspiratif dan menarik tersebut, peserta pun di tes pengaplikasian materinya dengan adanya simulasi total yang mengharuskan peserta untuk membuat mini buletin dan juga video reportase tentang acara yang ada di sekitar ITS saat itu. Di mana hasilnya akan di presentasikan di depan juri yang ada. Terlihat peserta sangat antusias dalam melakukan simtot kali ini. Dengan berakhirnya simulasi total pada hari kedua, maka berakhir pula rangkaian acara BMS 2017 Teknik Mesin ITS. Yang mana mengakhiri cerita panjang tentang keseruan, inspirasi, dan kegembiraan selama dua hari ini.

Panitia BMS 2017 pun berterimakasih pada semua peserta beserta semua elemen yang membantu dalam mensukseskan acara BMS 2017 kali ini. Semoga BMS 2017 ini mampu menjadi momentum awal untuk peningkatan kualitas bidang jurnalistik di lingkungan Teknik Mesin agar terwujud mahasiswa yang dinamis di bidang pers. (wib)

————————————————————————————————————————————-

Tonton Juga Video AFTERMOVIE BMS TEKNIK MESIN 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *