Inikah Standar Kualitas Pembangunan  di Kampusku ?

Rabu, (17/03) – Foto apakah itu? Apakah foto sebuah gedung yang sedang dibangun? Apakah foto sebuah gedung tua yang hampir hancur dimakan usia? Bukan ! Foto tersebut adalah potret “wajah baru” yaitu salah satu gedung terbaru di kampus ITS yang mendatang rencananya akan dipergunakan. Ya, gedung tersebut adalah salah satu gedung yang dibangga-banggakan, gedung dengan 11 lantai yang dilengkapi dengan lift, gedung yang disebut-sebut MIPA Tower di kampus ITS.

MIPA Tower adalah salah satu dari sekian gedung-gedung baru di kampus ITS yang masuk dalam master plan kampus ITS. MIPA Tower dibangun untuk dapat menampung lebih banyak mahasiswa FMIPA yang akan digunakan sebagai tempat pembelajaran seperti ruang kuliah dan sebagainya. Gedung ini sendiri sudah dibangun dalam waktu yang cukup lama dan dulu sempat mangkrak pembangunannya. Namun bagaimana bisa gedung yang tergolong baru ini seakan-akan bisa rubuh jika ditiup angin? Apakah ada yang salah dengan standar kualitas pembangunan di kampus ITS? Ataukah gedung tersebut tidak dibangun sesuai dengan standar yang ada? Worth it kah dana milyaran yang digunakan dibandingkan dengan hasilnya?

Jika dilihat lebih teliti pada foto tersebut, terlihat bahwa sebagian “dindingnya” masih ada yang hampir terjatuh. Jika suatu hari nanti kampus ITS diterjang oleh angin yang besar, apakah MIPA Tower akan menjatuhkan dindingnya lagi? Kepada teman-temanku sesama mahasiswa, bapak dan ibu dosen, serta karyawan yang saya hormati, saya harapkan lebih berhati-hati saat melewati kawasan sekitar gedung tersebut. Jangan sampai anda menjadi korban kejatuhan “dinding” MIPA Tower. (ath/ted)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *