SosDev Mesin, Wujud Kontribusi Nyata pada Masyarakat

Minggu, (12/03). Telah dilaksanakan “Grand Opening Social Development Project” di balai desa Sepande Kecamatan Candi, Sidoarjo. Acara yang diselenggarakan oleh Departemen Sosial Masyarakat Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) dan tim social development ini turut dihadiri oleh warga Desa Sepande, perwakilan Departemen Teknik Mesin, alumni M34, dan civitas akademika ITS lainnya. Acara sendiri berjalan sangat meriah terutama saat dilakukan permainan dengan anak-anak setempat dan juga pembagian doorprize. Warga terlihat antusias dan senang menerima tamu dari civitas akademik  ITS di desa mereka.

Acara yang turut dimeriahkan jamming performance oleh Mesin Music Club ini merupakan pembukaan dari serangkaian acara pengabdian masyarakat oleh Himpunan Mahasiswa Mesin yang akan dilakukan secara  rutin dan bertahap pada minggu-minggu kedepannya.

Bapak Bambang Sudarmanta selaku perwakilan Departemen Teknik Mesin menyampaikan bahwa tujuan dari event ini adalah untuk ikut membantu menyelesaikan permasalahan masyarakat khususnya di Desa Sepande ini, selain juga untuk menyambung silaturahmi antara masyarakat dan civitas akademika ITS.

Di kesempatan yang sama Bapak Ashari sebagai perwakilan alumni M34 juga menyatakan alumni sangat mendukung dengan acara pengabdian masyarakat ini dan akan memberikan bantuan dalam kapasitas alumni, bisa dalam bentuk relasi pemasaran atau dana yang dibutuhkan nantinya.

Menurut penuturan Andreas Ryan, Kepala Departemen Sosial Masyarakat HMM, sebab terpilihnya Desa Sepande sebagai tempat pengabdian masyarakat adalah adanya warga yang menghubungi ITS. Karena permasalahan yang dihadapi adalah masalah alat produksi tempe, pihak birokrasi ITS mengarahkan pada Departemen Teknik Mesin.

Sebenarnya ada beberapa opsi tempat, namun setelah didiskusikan dengan pihak departemen dan alumni terpilihlah Desa Sepande ini. “disinikan hampir 70 % penduduknya berprofesi sebagai pengrajin tempe, kita mau bantu memaksimalkan produksi dan pengolahan limbahnya” ujarnya saat diwawancarai tim DIMENSI. (ilh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *