Menyambut Usia ke 60 Tahun, Teknik Mesin Incar Sertifikasi ISO

Kamis, (13/07) – diadakan briefing untuk mempersiapkan pelaksanaan  workshop di PT Astra Honda Motor. Kegiatan tersebut termasuk dalam rangkaian event “Dies Natalis 60th Teknik Mesin” dengan tema “Sinergy and Innovation Redefining Uber Alles”. Pada kegiatan workshop tersebut akan dikirimkan tujuh peserta yang terdiri dari lima perwakilan dari Departemen Teknik Mesin ITS dan dua perwakilan dari FTI. Ketujuh peserta akan mendapatkan pelatihan mengenai 5S, yang nantinya akan diterapkan di lingkungan Teknik Mesin. 5S tak lain adalah Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke atau lebih dikenal dengan 5R di sini yaitu Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin. 5S adalah metode penataan dan pengelolaan tempat kerja secara sistematis dan terorganisir dengan pendekatan perubahan sikap atau budaya.

Proses awal implementasi 5S akan dilakukan di beberapa laboratorium (Lab. Motor Bakar dan Lab. Manufacture) dan juga ruang secretariat departemen. Targetnya dalam satu semester,  setiap bulannya akan diadakan audit visit. Pada minggu pertama di bulan Agustus akan ada kick off yang bersamaan dengan workshop se-ITS yang bertemakan penerapan 5S di kampus ITS. Pada workshop ini ilmu mengenai 5S akan dikenalkan kepada seluruh warga ITS.

Inisiatif pelatihan 5S ini datang dari alumni Teknik Mesin yang bekerja di PT AHMsaat berkunjung ke Teknik Mesin sebelumnya. Beliau dapat merasakan potensi perubahan dengan penerapan 5S. Rencananya pada bulan September bersamaan dengan visitasi AUN, diharapkan sudah mulai terlihat perubahan yang dihasilkan dari penerapan 5S. Target kedepan yang ingin dicapaidari 5S yakni sertifikasi ISO (International Organization for Standardization) ISO adalah salah satu standar internasional dalam sebuah system manajemen untuk pengukuran mutu organisasi. Dengan ISO didapat beberapa manfaat yaitu dapat meningkatkan kredibilitas, jaminan atas kualitas, dan mengoptimalkan kinerja karyawan.

Pelaksanaan workshop 5S ini akan dimulai dari hari senin hingga kamis dan diadakan di AHM Karawang. Peserta workshop akan diberangkatkan pukul 06.00 WIB dari Surabaya menuju bandar udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Selain 5S, pada workshop tersebut  juga membahas safety. Pelatihan 5S ini bertujuan untuk menimba ilmu yang diharapkan dapat bermanfaat untuk departemen maupun yang lebih luas lagi, yaitu untuk ITS dan menjadi habit yang merupakan tanggung jawab bersama untuk ITS yang lebih baik lagi. (riz/dnu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *