Rayakan 60 Tahun, Teknik Mesin ‘Sikat’ Tiga Event Skala Besar

Rabu, 4 Oktober 2017 – Diadakan Musyawarah Anggota BKSTM Indonesia di jurusan S1 Teknik Mesin FTI – ITS. Untuk turut merayakan genap 60 tahun usia Teknik Mesin ITS, event skala internasional yang diadakan oleh BKSTM yaitu 3rd ICOME (International Conference on Mechanical Engineering) dan event-event skala nasional seperti SNTTM (Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin) XVI dan LNT-RBM (Lomba Nasional Tahunan Rancang Bangun Mesin) VII diadakan sekaligus dan di-handle oleh Departemen Teknik Mesin ITS. Serangkaian kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dan dibuka pada hari Kamis, 5 Oktober 2017 di Hotel Novotel, Surabaya. Untuk kelancaran event-event tersebut, Departemen Teknik Mesin membentuk Team Volunteer yang terdiri dari dosen, karyawan dan mahasiswa-mahasiswi Teknik Mesin ITS.

 

Musyawarah Anggota BKSTM

BKSTM atau Badan Kerja Sama Teknik Mesin sendiri adalah organisasi yang dibentuk pada tanggal 22 Mei 2002 di Departemen Teknik Mesin FTI – ITS dan mempunyai anggota dari 47 universitas atau institut program studi Teknik Mesin yang tersebar di berbagai wilayah. Musyawah BKSTM ini memulai registrasinya pada pukul 07.30 WIB dan dihadiri oleh anggota BKSTM dan peserta peninjau. Acara dimulai dengan pemaparan dan diskusi buku “Bagian dari Strategi Menghindari Middle Class Trap” oleh Prof. Djoko Suharto. Dalam diskusi ini dijelaskan strategi dalam menghasilkan pemimpin, pemikir, dan tenaga kerja profesional yang disambut secara antusias oleh pada pendengarnya.

Dalam musyawarah ini juga membahas laporan persiapan 3rd ICOME, SNTTM XVI dan LNT-RBM VII. Berdasarkan musyawarah sebelumnya, SNTMM (Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin) dan LNT-RBM (Lomba Nasional Tahunan Rancang Bangun Mesin) dilaksanakan oleh Jurusan Teknik Mesin FTI – ITS di Hotel Novotel, Surabaya. SNTTM XVI yang bertema “Inovasi Teknologi untuk Penguatan Industri Nasional” adalah sarana untuk membahas pemecahan masalah di bidang teknik mesin. Sedangkan LNT-RBM VII adalah lomba nasional untuk seluruh mahasiswa berprodi teknik mesin di Indonesia untuk menuangkan ide-idenya dalam bidang perancangan sistem mekanik. Lalu pada akhirnya acara Musyawarah BKSTM pada tanggal 4 oktober ini diakhiri dengan gala dinner di atas kapal yang berlabuh dari pelabuhan Perak ke jembatan Suramadu.

 

3rd ICOME

Melanjutkan berhasilnya konferensi-konferensi sebelumnya di Lombok dan Bali, kali ini International Conference on Mechanical Engineering atau ICOME 2017 telah sukses dilaksanakan di Surabaya. ICOME 2017 merupakan konferensi yang memberikan banyak sekali ilmu dan pengetahuan di bidang Teknik Mesin serta dihiasi dengan entertainment dan budaya-budaya yang menarik. ICOME juga menawarkan lingkungan yang menarik dan merangsang peserta untuk berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai hasil penelitian di bidang teknik mesin.  Pada 3rd ICOME ini, Teknik Mesin ITS mendatangkan keynote speaker yang sangat hebat dan ahli di bidangnya, yaitu Stéphane Caro (Ecole Centrale dé Nantes, France), Nobumasa Sekishita (Toyohashi University of Technology, Japan) dan I Made London Batan (Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Indonesia). Hari pertama seminar nasional ini diakhiri dengan gala dinner di Swimming Pool Garden Hotel Novotel, Surabaya. Pada ICOME ke tiga ini, pesertanya berasal dari hampir 11 Negara di dunia.

 

LNT-RBM VII

Lomba Nasional Tahunan Rancang Bangun Mesin (LNT-RBM) merupakan ajang lomba nasional bagi mahasiswa program sarjana bidang ilmu Teknik Mesin di seluruh Indonesia dalam menuangkan ide-ide, kreativitas, dan inovasi di bidang perancangan sistem mekanik. Ajang bergengsi ini diselenggarakan secara tahunan sejak tahun 2011 oleh Badan Kerja Sama Teknik Mesin (BKSTM) sebagai upaya untuk meningkatkan peran aktif mahasiswa teknik mesin di Indonesia dalam mengembangkan teknologi dan juga menumbuhkan kepeduliannya terhadap kemandirian bangsa melalui pengembangan teknologi.

Penyelenggaraan LNT-RBM berlokasi di universitas yang telah disepakati dalam Musyawarah Anggota BKSTM. Berdasarkan Musyawarah Anggota BKSTM yang dilaksanakan pada tahun 2016, pada tahun 2017 Lomba Nasional Tahunan Rancang-Bangun Mesin VII (LNT-RBM VII) dilaksanakan oleh Departemen Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di Hotel Novotel, Surabaya.

Persiapan LNT-RBM VII ini seperti pendaftaran dan pengumuman telah berlangsung sejak bulan Agustus 2017 dan dilombakan pada 5 Oktober 2017. Setelah proses seleksi dan penilaian, akhirnya Institut Teknologi Sepuluh Nopember keluar sebagai peringkat satu dan mendapatkan dana pendidikan sebesar Rp15 Juta Rupiah. Dilanjutkan dengan Universitas Sebelas Maret sebagai peringkat dua dan Institut Teknologi Bandung sebagai peringkat tiga.

 

SNTTM XVI

Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin (SNTTM) merupakan sebuah ajang untuk mempertemukan para peneliti, professional industri dan mahasiswa pascasarjana dari disiplin ilmu teknik mesin. SNTTM XVI yang bertemakan “Inovasi Teknologi untuk Penguatan Industri Nasional” ini merupakan kesempatan untuk membahas pemecahan masalah di bidang teknik mesin. Sesuai hasil kesepakatan musyawarah anggota BKSTM, seminar kali ini diselenggarakan oleh Departemen Teknik Mesin, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, pada tanggal 5-6 Oktober 2017. Pada SNTTM XVI, pihak panitia juga mengundang semua peneliti dan ahli terkait lainnya, untuk menghadiri dan memberikan kontribusinya melalui seminar ini.

Seminar nasional tahunan ini diadakan di Hotel Novotel, Surabaya dan berupa kelas-kelas paralel, sehingga peserta dapan memilih seminar mana yang ingin mereka datangi. Pemateri-pemateri di SNTTM ini merupakan orang-orang yang ahli di bidangnya atau yang sedang mendalami bidangnya. Semua makalah yang telah dipresentasikan dalam SNTTM XVI akan diterbitkan melalui prosiding online SNTTM dan makalah yang terpilih akan dipublikasikan dalam Jurnal Teknik Mesin. Topik makalah yang dapat dipresentasikan dalam SNTTM XVI meliputi Perancangan dan Mekanika Terapan, Teknik Produksi Mesin, Konversi Energi, Pendidikan Teknik Mesin dan Material.      (qqs/atr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *