SIEMENS AG : Mengenal Raksasa Teknologi Industri Dunia

siemens
Kedatangan Siemens AG ke ITS pada kuliah tamu Teknik Mesin ITS yang bertajuk “Global Energy Trend, Market, Power Plant Technologies and Renewable Energy Technologies” selasa kemarin tentunya membuat kita bertanya-tanya sejauh apa sepak terjang Siemens AG terhadap  percaturan teknologi industri dunia saat ini.
 
Seperti yang dilansir pada situs resminya, salah satu perusahaan industri terbesar di dunia yang berpusat di Berlin dan Munchen, Jerman ini kini telah berhasil melebarkan sayapnya di berbagai bidang, seperti teknologi pembangunan, industri dan otomasi, energi, penerangan, kesehatan, serta transportasi dan logistik.
 
Di bidang teknologi pembangunan, produk Siemens mencangkup peralatan dan sistem otomasi bangunan, peralatan dan sistem operasi bangunan, peralatan dan sistem keamanan bangunan, hingga distribusi dan sirkuit proteksi.
 
Di bidang industri dan otomasinya, Siemens berhasil mengembangkan motor dan penggerak untuk conveyor, pompa dan kompresor, motor dan penggerak heavy duty untuk pengolahan baja, kompresor untuk jalur pipa migas, komponen mekanikal termasuk gear untuk turbin angin dan pabrik semen, peralatan dan sistem otomasi serta kontrol untuk mesin dan alat produksi, hingga produk pengolahan air dan bahan mentah.
 
Di bidang energi, Produk andalan Siemens antara lain turbin gas dan uap, generator, kompresor, turbin angin di darat dan di laut, transmisi tegangan tinggi, hingga komponen bertegangan rendah.
 
Di bidang penerangan, produk lampu Siemens (OSRAM) berhasil memproduksi berbagai jenis lampu termasuk incandescent, halogen, fluorescent, high-intensity discharge, lampu Xenon, sumber cahaya semikonduktor elektronik seperti LED, high power laser dioda, sistem LED, hingga kontrol penerangan dan sistem manajemen.
 
Di bidang kesehatan, Siemens berkontribusi besar pada sistem teknologi informasi dan komunikasi, alat bantu pendengaran, peralatan diagnostik invitro, peralatan imaging termasuk angiography, computed tomography, magnetic resonance, peralatan X-ray, hingga peralatan terapi dan radiasi onkologi
 
Di bidang transportasi dan logistik, produk Siemens mencangkup peralatan dan sistem untuk transportasi kereta termasuk kendaraannya untuk transportasi massal, regional, dan jarak jauh, sistem dan peralatan kereta listrik, peralatan dan sistem pendeteksi kepadatan lalu lintas jalan, hingga peralatan dan sistem logistik bandara.
 
Di Indonesia sendiri, PT Siemens Indonesia yang sudah ada sejak tahun 1909 lebih berfokus pada bidang elektrifikasi, otomasi, dan digitalisasi dan telah berkontribusi banyak pada infrastuktur Indonesia dengan investasinya sebesar 200 juta EUR pada 20 tahun terakhir, membangun turbin lebih dari 5000 MW di Indonesia, mempermudah proses produksi pabrik-pabrik di Indonesia dengan sistem otomasinya, dan di bidang medis, hampir di semua rumah sakit di Indonesia menggunakan produk Siemens. Dan berikut beberapa proyek-proyek besar yang tengah ditangani PT Siemens Indonesia saat ini antara lain :
       Mensuplai PT Cikarang Listrindo dengan 2 unit SST-900 turbin uap industrial dengan daya 145-MW,
       Bekerja sama dengan PLN untuk membangun 275 kV di Padang Sidempuan dan Payakumbuh,
       Mensuplai PLN Batam dengan 2 unit SST-800 turbin gas and 1 turbin uap SST-400,
       Mensuplai PT Kaltim Nitrate dengan sebuah PCS7 distributed control system (DCS),
       Modernisasi di bidang pengendalian pada PT Indah Kiat Pulp and Paper di Serang dengan SIPAPER drive system,
       Mengerjakan Building automation and control systems (BACS) untuk meningkatkan efisiensi energi pada PT Pertamina (Persero),
       Siemens Remote Service (SRS), sebuah sistem diagnosis berbasis remot kontrol yang sudah dipasang pada lebih dari 100 rumah sakit di Indonesia, termasuk rumah sakit Siloam, Ramsey International hospital dan Gatot Subroto Army hospital, dan masih banyak lagi proyek-proyek lain yang dapat dilihat di situs resmi PT Siemens Indonesia.
PT Siemens Indonesia juga menyediakan Engineering Graduate Program (EGP) bagi yang ingin bergabung dan berkontribusi nyata bersama Siemens AG. Silahkan download informasinya dibawah ini:
Referensi:
(img)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *