Gazebo M 16, Wujud Kepedulian Alumni untuk Almamater

Sabtu, (04/02) Departemen Teknik Mesin ITS telah mengadakan acara peresmian gazebo baru yang merupakan sumbangan dari alumni Teknik Mesin ITS angkatan 1973 (M 16). Peresmian berlangsung dengan dihadiri oleh angkatan M16 serta civitas academika Teknik Mesin yaitu dosen, tenaga pendidik, dan mahasiswa. Gazebo baru dengan arsitektur unik ini sendiri terletak di taman bagian belakang  Departemen Teknik Mesin ITS.

Kelulusan dari suatu almamater tentunya bukan pertanda bahwa seorang alumni sudah putus hubungan dengan almamaternya tersebut. Malah jika sudah menyandang gelar “alumni” maka seharusnya para alumni masih bisa berkontribusi dan peduli dengan almamaternya. Hal ini pula yang dilakukan oleh alumni Teknik Mesin ITS angkatan 1973 (M 16). Jarak sekitar 44 tahun lamanya pun tidaklah jadi pemisah bagi alumni M 16 untuk dapat berkontirbusi bagi Kampus Teknik Mesin dengan dibangunnya gazebo baru tersebut.

Acara peresmian sendiri  dimulai dengan sambutan dari Bapak Wawan Aries Widodo selaku Wakil Dekan FTI, Bapak Bambang Sudarmanta selaku Sekretaris Departemen Teknik Mesin, Bapak Bambang Pramujati selaku Ketua Departemen Teknik Mesin ITS, serta Bapak Herbandi Novianto dari perwakilan angkatan M16. Pada sambutan dari Bapak Herbandi, beliau turut menjelaskan tentang filosofi gazebo yang berbentuk cukup unik ini.

Gazebo ini yang atapnya seolah-olah menengadah keatas berarti menerima semua inspirasi dari Yang Maha Kuasa. Lalu dari pagar pembatas yang berada di samping gazebo yang berjumlah 16 buah melambangkan bahwa gazebo tersebut merupakan sumbangan dari M16, namun saat menyebutkan tentang M16 ini, Bapak Herbandi menegaskan bahwa bukan hanya alumni M16, tapi dari mantan mahasiswa M16, baik yang menamatkan studinya di S1 Teknik Mesin maupun yang tidak. Lalu mengenai  tiang gazebo yang berada di tengah-tengah adalah untuk menampung inspirasi yang selanjutnya ditranfer ke lantai dan diterima oleh orang yang berada di gazebo. Beliau juga memaparkan cat yang digunakan adalah cat anti nyamuk supaya mahasiswa bisa menggunakan gazebo tersebut saat malam hari dengan nyaman. Dari kekuatan dan ketahanan dibuat sangat kuat, terdapat penahan yang dikatakan memiliki faktor keamanan hingga skala 10.

Setelah pemberian sambutan selesai, acara pun dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh Bapak Bambang Pramujati sekaligus sebagai tanda simbolis bahwa gazebo M16 ini telah diresmikan. Serangkaian acara peresmian pun diakhiri dengan ramah tamah berupa makan tumpeng bersama-sama dengan hadirin yang hadir saat itu.

Dalam acara ini turut hadir pula arsitek yang mendesain gazebo tersebut, yaitu Hera Monica Mahasiswa Arsitektur angkatan 2013. Menurutnya sebenarnya ada sedikit perbedaan dari desain awal dan aktualisasinya. “Awalnya desain gazebo berupa panggung, tapi jadinya malah lesehan. Tapi overall masih sesuai.” Ujarnya saat diwawancarai Tim Dimensi.

Selain sebagai pertanda tentang tingginya antusiasme alumni Teknik Mesin untuk almamaternya. Dengan adanya gazebo baru ini juga diharapkan mampu memberikan fasilitas yang nyaman bagi mahasiswa baik untuk mengerjakan tugas, berdiskusi, maupun sekedar melepas lelah seusai kelas. (ilh/wib)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *