#IniAksiku

Ilustrasi Kampanye Earth Hour

Terdapat kegiatan pemadaman listrik yang tidak diperlukan di mana saja selama satu jam. Pemadaman tersebut dilakukan secara sengaja tanpa ada unsur paksaan oleh seluruh manusia di bumi yang sadar akan pentingnya hemat energi. Kegiatan tersebut dinamakan Earth Hour

Earth Hour yaitu sebuah gerakan global yang diselenggarakan oleh World Wide Fund for Nature (WWF) pada setiap hari Sabtu di akhir bulan Maret biasanya pada jam 20.30 – 21.30 waktu setempat. Gerakan Earth Hour dimulai pada tahun 2007 di Sydney Australia hingga pada tahun 2008 negara di dunia mulai mengikutinya. Sekarang, sudah banyak komunitas di berbagai dunia yang mendukung gerakan ini. 

Gerakan Earth Hour bertujuan untuk mendorong individu, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintahan yang saling berhubungan untuk menjadi bagian dari perubahan untuk dunia yang berkelanjutan. Selain itu juga sebagai momentum menampilkan kepada dunia tentang perilaku hemat energi yang dapat dilakukan. Semua manusia di bumi ini dapat berpartisipasi tanpa melihat perbedaan apapun.

Dampak yang akan terjadi saat Earth Hour yaitu dapat mengurangi perubahan iklim, mengurangi emisi gas karbon dioksida (CO2), mengurangi pemanasan global dan lain sebagainya yang akan berpengaruh pada perubahan bumi. Namun, ada juga yang mengkritisi dampak dari gerakan ini salah satunya Christian Science Monitor (CSM) yaitu surat kabar dari Amerika mengatakan bahwa banyak lilin terbuat dari parafin, sebuah hidrokarbon berat yang diolah dari minyak bumi yang dimana merupakan bahan bakar fosil dan akan menyebabkan peningkatan gas karbon dioksida bukan penurunan seperti yang diharapkan. 

Meskipun ada yang mengkritik tetapi gerakan Earth Hour dilakukan untuk membantu atau menginisiasi langkah kecil dalam gaya hidup hemat energi. Hal tersebut menjadi inspirasi logo gerakan earth hour yaitu terdapat tanda (+) sebagai komitmen untuk bersama sama melakukan gaya hidup hemat energi. Selain itu ada angka 60 yang berarti 60 menit atau 1 jam sebagai awal aksi gaya hidup hemat energi. 

Perhitungan waktu mundur dapat dilihat pada laman earth hour. Untuk mengikuti gerakan earth hour dapat dilihat pada laman https://www.wwf.id/earthhour

-Wardah Nur Amirah

sumber :

laman FAQ (Frequently Ask Question) Earth Hour, wikipedia jam dunia id.wikipedia.org/wiki/Jam_Bumi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *