Ada Apa dengan Panel Surya di Indonesia

Infografis Panel Surya di Indonesia

Semakin berkembangnya teknologi berdampak pada kebutuhan listrik yang besar. Jika energi listrik tidak berkembang maka akan tertinggal khususnya dalam hal teknologi. Pada tahun 2050, Indonesia berpotensi menjadi negara maju yang bebas dari energi fosil. Seluruh kebutuhan energi untuk transportasi, industri, hingga peralatan memasak dapat dipasok dari energi surya.

Pada masa yang akan datang sesuai prediksi pada tahun 2050, konsumsi listrik dapat mencapai 9.000 terrawatt jam (TWh), meningkat 30 kali lipat dibanding saat ini yang sebesar 300 TWh. Permintaan listrik ini bisa dipenuhi oleh sekitar 10 miliar panel pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berkapasitas 7 terrawatt (TW), yang tersebar di seluruh penjuru negeri.

Miliaran panel surya itu ditaksir bakal memakan lahan hingga 35 ribu kilometer persegi (km²), hampir seluas wilayah Jawa Barat. Lantas, di mana kita akan memasangnya? Inilah tempat-tempat potensial untuk memasang 10 miliar panel surya tersebut

1. Atap Gedung Rumah, PLTS ini dapat dipasang pada atap rumah, gedung komersial dan pabrik-pabrik, sehingga tidak memerlukan lahan tambahan.

2. Agrivoltaik (APV), dengan hanya memanfaatkan 10-30 persen dari total luas lahan pertanian tersebut, Indonesia sudah bisa memasang 3-9 miliar panel surya.
3. Lahan bekas tambang, ada sekitar 2.300 kilometer persegi lahan bekas tambang di Indonesia. Lahan seluas itu dapat menampung sekitar 0,5 TW panel surya (setara degan 7 persen dari kebutuhan).

4. PLTS terapung, ada dua yaitu waduk atau danau dimana Indonesia memiliki banyak danau yang bisa menjadi kawasan besar untuk pemasangan PLTS dan laut dimana Kawasan perairan dengan tinggi ombak maksimum empat meter dan kecepatan angin maksimum 15 meter per detik merupakan lokasi yang aman untuk pemasangan PLTS. Di Indonesia, ada seluas 700 ribu kilometer persegi perairan jenis ini yang dapat dimanfaatkan.

Studi lanjutan menganalisis luas tersebut mampu memenuhi permintaan listrik hingga 180 ribu TWh, atau 20 kali lebih besar dari kebutuhan energi Indonesia pada tahun 2050. Bahkan, potensi ini mampu memasok konsumsi setrum 10 miliar penduduk dunia di masa mendatang.

-Ami
Source : https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/10/03/2050-indonesia-bisa-panen-raya-listrik-dari-10-miliar-panel-surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *