SATRIA-1

 

SATRIA-1 (satelit republik indonesia)  merupakan satelit yang digunakan untuk mencukupi kebutuhan internet dan bisa menjangkau wilayah tertinggal, terdepan, terluar, serta daerah perbatasan di tanah air. Konektivitas internet menjadi hal utama dalam melancarkan sistem komunikasi yang kian dibutuhkan kehadirannya. Perkembangan tersebut berjalan bersamaan dengan pengembangan infrastruktur, salah satunya satelit yang terus mengalami pembaruan dari waktu ke waktu.

Proyek ini sendiri sebenarnya sudah berjalan sejak akhir tahun 2019 dengan menggandeng perusahaan satelit asal Prancis, Thales Alenisa Space dan SpaceX sebagai penyedia roket yang akan meluncurkan SATRIA-1 ke orbit menggunakan rocket launcher Falcon 9-5500. Rangkaian proyek Satria pertama diawali dengan pembuatan satelit Satria-1 yang ditargetkan meluncur pada kuartal III 2023, tepatnya di bulan November. Nantinya, satelit ini akan menempati slot orbit 146 Bujur Timur.

Nantinya, Satria-1 akan digunakan untuk penyediaan akses internet berkapasitas 150 Gigabyte per detik untuk 150 ribu titik layanan publik yang belum tersedia akses internet dari total 501.112 titik layanan publik di Indonesia. Sementara itu, konstruksi penunjang lain sebenarnya sudah berjalan sejak tahun lalu tepatnya pada 3 September 2020. Adapun progres kemajuan konstruksi satelit Satria-1 hingga saat ini dilaporkan telah mencapai 30 persen.

-Ami
Sumber : https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/08/23/mengenal-satelit-satria-1-diklaim-mampu-suplai-koneksi-internet-merata-di-indonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *