Mengawali Kampus Madani di Pembukaan Dies Natalis ITS ke-56

 

dies-1
Suasana Pelepasan Balon dalam Peresmian Dies Natalis ITS 56

Jum’at, (8/09). Menyambut datangnya hari jadi its 56 tahun silam tepatnya pada 10 Nopember 1957.Maka diadakanlah acara Pembukaan Dies Natalis ITS ke-56 yang bertempat di stadion ITS Surabaya. Pembukaan Dies Natalis ke-56 ini dimeriahkan oleh seluruh civitas akademika ITS serta penampilan apik dariDefile Drumband Akademi Angkatan Laut (AAL). Pada pembukaan kali ini pun Rektor ITS pun berbicara mengenai ITS dan masyarakat madani.
Acara Pembukaan Dies Natalis ITS yang telah dilaksanakan merupakan pembuka dari rangkaian kegiatan peringatan dies natalis its yang ke-56.Dibalik gegap gempita jalannya acara, persiapan demi persiapan dilakukan oleh semua civitas akademika ITS untuk menunjukkan identititas diri seperti dresscode dan bendera fakultas yang mewarnai pemandangan. Serta suara riuh gemuruh dari nyanyian yel yel mahasiswa  dari masing masing fakultas yang ada di ITS, dimana hal ini sungguh menambah kemeriahan jalannya acara.
dies-3
Suasana Kemeriahan Dies Natalis ITS
 
Pembukaan Dies Natalis ke-56 diawali dengan berkumpulnyaseluruh civitas akademika ITS di Graha Sepuluh Nopember. Yang kemudian berjalan menuju Stadion ITS, tempat diselengarakannya acara dengan diiringi Tabuhan Drumband AAL serta nyanyian yel yel dari mahasiswa ITS. Selama berjalan menuju Stadion ITS terasa antusias mahasiswa saat adanyaunjuk gigih melalui adu yel-yel dari masing masing fakultas di ITS. Masing-masing fakultas terlihat sangat kompak meneriakkan yel-yel mereka seolah tak mau kalah untuk memeriahkan acara tersebut. Dikumandangkannya yel yel inisekaligus menjadi pembakar semangat para peserta pembukaan Dies Natalis hari itu.
Acara utama pembukaan Dies Natalis ITS ke-56 pun dimulai dengan dikumandangkannya lagu Indonesia Raya serta Hymne ITS. Yang kemudian, diadakannya pengibaran bendera Dies Natalis ke-56 ITS yang diiringi oleh lagu Bagimu Negeri.
 
Selanjutnya acara pembacaan Sambutan pertama datang dari Rektor ITS, Prof. Ir. Joni Hermana MSc.ES PhD, yangmenyampaikan buah pemikiran beliau di usia ITS yang sudah 56 tahun ini, pada pidatonya dengan tema  “Membangun Peradaban Madani” dimana diharapkan ITS tidak hanya membina aspek yang berkarya dengan sains dan teknologi saja tetapi juga membina aspek rohaninya agar mampu menjadi manusia yang madani, manusia yang beradab baik jasmani maupun rohanisehingga keberadaan kita memberi manfaat dan keberuntungan bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Menutup sambutannya, Bapak Joni juga turut meresmikan pembukaan Dies Natalis ke-56 ITS dengan dilakukannya pelepasan balon dan 56 burung merpati ke angkasa.
dies-2
Suasana saat mahasiswa ITS mengumandangkan VIVAT ITS
Setelah diresmikan, acara ini kemudian ditutup dengan pertunjukkan dari tari remo, marchingband Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), dan marching band VSNMC ITS yang baru diresmian tahun 2014 lalu. Dalam umur Kampus Perjuangan yang semakin menua tentu harapan agar ITS dapat  terus berprestasi dan berkontribusi pada Bumi Pertiwi inimerupakan suatu keharusan. Berprestasi sendiri tidak hanya terbatas pada kemenangan pada berbagai kejuaraan dan juga membuat berbagai penemuan. Namun, ITS juga harus juga berprestasi secara rohaniah dimana hal ini sudah beberapa terlaksana dengan diadakannya program seperti ITS Cinta Subuh yang menekankan pada aspek kerohanian. Dalam momentum Dies Natalies ke56 ini ITS diharap bisa menjadi Kampus Madani yang berprestasi pada segala aspek. (mel/wib)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *