How to Manage Your Times?

Infografis Mengenai Bagaimana Mengatur Waktu Kita

Seiring meningkatnya kesibukan dalam dunia kerja/kampus, banyak sekali orang yang memiliki kesulitan dalam mengatur waktu. Karena kesulitan dalam mengatur atau membagi waktu, seringkali kita tidak sadar bahwa banyak waktu yang terbuang sia-sia sebab waktu terus berputar. Hal ini yang menyebabkan orang tergesa-gesa dalam melakukan pekerjaan hingga hasil yang didapatkan tidak maksimal. Untuk itu, berikut ada beberapa tips agar bisa mengatur waktu dengan baik sehingga tidak mengganggu produktifitas.

Choose Your Priorities

Kerjakan apa yang terpenting terlebih dahulu. Sebaiknya membuat daftar prioritas pekerjaan yang biasa dilakukan dengan mengutamakan hal yang terpenting, bukan hal yang termudah.

Use Your Spare Times Wisely

Terkadang, kita tidak sadar bahwa sebenarnya memiliki waktu luang dan malah terbuang sia-sia karena tidak memanfaatkannya dengan baik. Untuk itu, perlu memanfaatkan waktu luang kita sebaik-baiknya dengan hal yang produktif.

Create Your Daily Targets

Penting untuk membuat target harian yang perlu dicapai tiap harinya. Perlu juga untuk memasang reminder agar tidak lupa dengan target. Target harian ini membantu kita dalam mengatur waktu.

Stop Multitasking

Multitasking hanya menghambat pekerjaan. Hasil kerja dari multitasking kebanyakan kurang maksimal karena fokus yang terbagi. Kita bisa mendapatkan output yang maksimal ketika hanya fokus pada satu pekerjaan dalam satu waktu.

Minimize Your Time on Social Media

Di era serba digital seperti sekarang, kita tidak bisa jauh dari smartphone. Namun, banyak waktu yang terbuang sia-sia ketika terlalu asyik dalam bermain sosial media. Kurangi waktu yang kita habiskan untuk bermain medsos karena hal ini bisa membuat kita menjadi kurang produktif.
Tips di atas sebaiknya diterapkan secara rutin dalam keseharian. Hal ini cukup praktis dan pasti dapat bekerja dengan baik untuk mengubah hidup kita. Semoga dengan menerapkannya, kita bisa mengatur waktu dengan baik sehingga produktifitas tidak terganggu.
Sumber : lifehack(.)org

– Rasyidah Salsafira Az-Zahra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *