Fakta dibalik Shang-Chi and The Legend Of The Ten Rings (⚠️spoiler alert⚠️)

Potongan dari Poster Film Shang Chi

Siapapun penggemar Marvel Cinematic Universe pasti sudah menonton film besutan Destin Cretton satu ini. Film yang diangkat dari komik Shang-Chi ini memiliki kultur Cina yang khas yaitu Kung Fu. Di sepanjang film, adegan bertarung antara pemeran protagonist dan villain kebanyakan dilakukan dengan Kung Fu style. Meskipun tidak spesifik pada satu jenis Kung Fu saja, namun terlihat bahwa produser dari film ini mengerti bahwa seni bela diri haruslah ditampilkan sesuai dengan aslinya, sehingga mereka bekerja sama dengan orang-orang yang mengerti Kung Fu – salah satunya Brad Allan, seseorang yang diberikan penghormatan di credit film ini.

Film ini dimulai dari cerita Wenwu, seorang ksatria yang memiliki sepuluh cincin yang terpasang di lengan bawahnya. Cincin inilah yang merupakan sumber kekuatannya beserta nama dari organisasi yang dibentuknya, sehingga ia bisa menaklukan banyak kerajaan yang membuatnya dijuluki ‘Orang Paling Berbahaya di Bumi’. Asal mula dari cincin ini masih menjadi misteri pada film ini, namun tidak dengan inspirasi adanya cincin ini.

Praktisi Kung Fu tradisional menggunakan cincin yang mirip dengan cincin tersebut ketika berlatih, khususnya di daerah Cina Selatan. Cincin tersebut dinamakan tit waan dari bahasa Kantonis yang berarti cincin besi atau gelang besi. Terbuat dari baja dan digunakan pada lengan bawah ketika berlatih akan melindungi lengan pengguna dari cidera.

Penggunaan cincin besi tidak hanya terdapat pada film ini. Beberapa film yang bertema Kung Fu juga menggunakan cincin besi sebagai media untuk berlatih, seperti pada film Kung Fu Hustle. Teknik Kung Fu yang digunakan masyarakat desa Ta Lo juga mendapatkan pengaruh dari jenis teknik yang digunakan pada serial Avatar: the Last Airbender dan merupakan pengembangan dari Tai Chi.

Pada post credit film ini juga diceritakan bahwa Shang-Chi akhirnya tergabung dengan Avengers dan artefak pada cincin tersebut akan diteliti lebih lanjut mengenai asal usulnya. Kelanjutan dari film ini patut dinantikan oleh mereka yang mengikuti Marvel Cinematic Universe karena masih banyak misteri yang belum terungkap pada rilis kali ini.
-Dhau

Sumber:
denofgeek(.)com
marvel(.)com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *